MEMAHAMI PENTINGNYA POHON ZAITUN DAN MINYAK URAPAN

 

Dalam Perjanjian Lama, Tuhan menetapkan minyak urapan untuk memberkati umat-Nya. Tapi bagaimanakah orang percaya perjanjian baru dapat menggunakannya hari ini? Joseph Prince membagikan dari Alkitab bagaimana minyak urapan berbicara tentang Kristus dan pekerjaan-Nya yang telah selesai. Memahami hal ini akan memberi Anda akses untuk menerima kesehatan, keutuhan, dan persediaan Tuhan yang supernatural!

Alkitab menyebutkan di banyak tempat gandum, anggur dan minyak. Selama bertahun-tahun, saya bertanya-tanya mengapa Tuhan selalu menyebutkan ketiga hal ini bersama-sama. Jadi saya bertanya kepada Tuhan dan saya berterima kasih kepada-Nya bahwa pencarian sudah selesai.

Melalui gandum, anggur dan minyak, kita dapat menerima semua benefit Tuhan Yesus dengan kasih karunia, bukan dengan menyelesaikan atau berjuang. Dengan cara ‘makan’ manusia masuk ke dalam masalah di taman Eden. Dengan cara yang sama, Anda bisa makan untuk kembali ke dalam berkat Tuhan hari ini.

MELIHAT KRISTUS DALAM GANDUM, ANGGUR DAN MINYAK

Gandum dan anggur melambangkan Perjamuan Kudus, yang berbicara tentang tubuh Yesus yang hancur dan darah yang Ia tumpahkan. Untuk membuat roti, anda ambil bagian terigu atau gandum, lalu hancurkan dan kocok hingga membuat adonan. Kemudian, Anda memukul-mukul adonan dan memasukkannya ke dalam api yang membara agar menjadi roti. Itulah yang terjadi pada Tuhan kita Yesus di kayu salib – Dia menjadi Roti Hidup kita.

Untuk mendapatkan anggur, buah anggur tidak hanya harus dipetik, tetapi juga harus dihancurkan dan diinjak-injak. Demikian juga, Tuhan kita Yesus diinjak-injak oleh penghakiman Tuhan dan Dia menjadi anggur baru bagi kita semua.

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun. Tetapi ketika Anda menekan buahnya dengan keras, Anda tidak akan menemukan minyak, hanya getah putihnya. Selain itu, rasa buahnya sangat pahit. Untuk mendapatkan minyak, buah dan bijinya harus dihancurkan dengan beban yang sangat berat dengan alat pemeras zaitun. Penghancuran juga menghilangkan kepahitan. Dengan cara yang sama, Yesus diremukkan di bawah beban dan beratnya dosa-dosa kita, dan di bawah penghakiman Allah yang kudus. Dia dihancurkan untuk menjadi minyak urapan yang menyembuhkan kita hari ini.

DITETAPKAN OLEH TUHAN

Tuhan membawa gereja ke tempat di mana kita melihat pentingnya minyak urapan yang kudus. Cara Tuhan selalu bagi kita untuk bertindak berdasarkan apa yang bisa kita lakukan di alam nyata, dan Dia akan menyelesaikan di alam supernatural apa yang tidak bisa kita lakukan. Menggunakan minyak urapan adalah alkitabiah dan telah ditetapkan oleh Tuhan. Jadi jangan biarkan orang memberi tahu Anda bahwa Anda percaya takhayul dengan menggunakan minyak urapan.

Yacobus 5:14–15 (TB)
Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.

Itu adalah praktik di gereja mula-mula untuk menggunakan minyak urapan pada orang sakit. Jadi ketika para penatua gereja mengunjungi orang sakit, mereka mengurapi orang sakit dengan minyak dalam nama Tuhan. “Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit” menunjukkan dengan jelas kepada kita bahwa ini bukanlah takhayul, tetapi sesuatu yang dilakukan dengan iman. Bagaimana Anda memiliki iman? “iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” (Roma 10:17) Jadi begitu Anda memiliki wahyu tentang apa yang Alkitab ajarkan tentang suatu subjek, iman untuk bidang itu akan datang.

MINYAK BARU DARI PERJANJIAN BARU

Mari kita lihat Mazmur 92, mazmur untuk Sabat. Dalam ayat 11, dikatakan, “Tetapi Kautinggikan tandukku seperti tanduk banteng, aku dituangi dengan minyak baru;” Tuhan mengharapkan kita memiliki minyak yang baru, minyak yang segar, karena ketika minyak dibiarkan menggenang, minyak menjadi basi.

Kata “baru” dalam bahasa Ibrani adalah raanan yang berarti “hijau”. Perhatikan bahwa minyak zaitun extra virgin berwarna hijau. Hijau berbicara tentang kebaruan atau masa muda. Jadi minyak harus dari perjanjian baru karena minyak dari perjanjian lama sudah basi.

Perjanjian lama memberitahukan Anda bahwa Anda harus mematuhi Tuhan sebelum Dia dapat menyembuhkan tubuh Anda. Beberapa orang percaya itu dan iman mereka menjadi basi. Mereka perlahan akan menjauh dari Tuhan karena kepercayaan yang salah.

Tetapi tahukah Anda bahwa perjanjian baru tidak mengajarkan hal itu? Itu mengajarkan bahwa meskipun Anda gagal, Tuhan akan menyembuhkan Anda. Seperti yang terlihat sebelumnya dalam Yakobus 5:15, bahkan jika seseorang telah melakukan dosa, dia tidak perlu merasa didiskualifikasi karena Tuhan akan mengampuni dosa-dosanya melalui doa dengan iman. Begitu dosa, rintangan terbesar, telah disingkirkan, apa yang menghalangi kita untuk menerima dari Tuhan?

Setelah kita mendoakan minyak zaitunnya, itu menjadi minyak urapan yang kudus. “Kudus” berarti dipisahkan untuk tujuan Tuhan. Ini juga berarti “terpisah dari” – kegelapan menjadi terang, kekurangan dalam kelimpahan, dan penyakit menjadi keutuhan. Dengan demikian, minyak urapan bukan lagi sekedar minyak alami. Ayat berikutnya mengatakan:

Mazmur 92:12 (TB)
Mataku memandangi seteruku, telingaku mendengar perihal orang-orang jahat yang bangkit melawan aku.

Saat Anda diurapi dengan minyak hijau atau minyak baru, itu akan memengaruhi mata dan telinga Anda. Matamu akan melihat kemenangan dan telingamu akan mendengar kemenangan. Jadi, "orang-orang jahat" atau musuh Anda tidak akan berhasil, tetapi Anda akan berhasil!

Sebelum Anda membaca Alkitab, Anda dapat mengatakan kepada Tuhan, “Saya sedang mengurapi mata saya, Tuhan. Biarkan saya melihat Engkau lagi dalam Kitab Suci." Kemudian, Anda akan menemukan bahwa Alkitab menjadi hidup bagi Anda. Anda mengandalkan Roh Kudus untuk memberi Anda pewahyuan, untuk membimbing Anda ke dalam semua kebenaran, dan tidak mempercayakannya pada kecerdasan Anda sendiri.

KUK DIHANCURKAN, BEBAN TERANGKAT

Yesaya 10:27 (MITL)
Dan akan terjadi pada hari itu, Dia akan mengambil bebannya dari atas bahumu, dan kuknya dari tengkukmu, dan kuk [perbudakan setan] itu akan dipatahkan oleh karena urapan.

Terkadang, Anda merasa stres dan penuh kekhawatiran. Setelah pertengkaran atau saat-saat perselisihan, Anda merasakan beban di pundak Anda. Kata “kuknya” dalam ayat di atas mengacu pada Bangsa Asyur, musuh Israel saat itu. Hari ini, itu melambangkan semangat anti-Kristus atau iblis yang berusaha menindas Anda. Seekor lembu memiliki kuk di lehernya untuk menarik gerobak. Demikian pula, iblis ingin meletakkan kuk di leher Anda untuk menarik Anda ke mana pun dia ingin Anda pergi. Misalnya, jika Anda kecanduan nikotin, iblis memberi tahu Anda, “Kamu tidak bisa berhenti merokok. Kamu berada di tempat yang kuinginkan."

Tetapi hal yang dapat menghancurkan kuk ini adalah minyak urapan. Anda mungkin berkata, "Pastor Prince, minyak itu melambangkan kekuatan Roh Kudus." Ya, Roh Kudus 100 persen terlibat di sini. Tapi dalam konteks ini, Tuhan berkata untuk menggunakan “minyak urapan”. Kemudian, kuasa Roh Kudus akan menghancurkan setiap ikatan setan dalam hidup Anda.

Perhatikan di dalam Alkitab bahasa Inggris King James, dikatakan bahwa kuk akan “dihancurkan” dan bukan “dipatahkan”. Ada perbedaan antara kedua kata ini. Jika ada yang patah, bisa diperbaiki. Tetapi ketika sesuatu dihancurkan, itu tidak dapat diperbaiki. Minyak urapan Tuhan akan menghancurkan setiap ikatan setan dalam hidup Anda yang tidak dapat diperbaiki lagi!

PEMULIHAN WAKTU DAN KEHIDUPAN KELUARGA

Ketika iblis ingin menyerang Anda, salah satu cara dia melawan Anda adalah dengan mencuri dari Anda. Dalam Ulangan 28, ada prinsip yang sangat menarik untuk diamati mengenai kutukan.

Ulangan 28:38–40 (TB)
Banyak benih yang akan kaubawa ke ladang, tetapi sedikit hasil yang akan kaukumpulkan, sebab belalang akan menghabiskannya. Kebun-kebun anggur akan kaubuat dan kauusahakan, tetapi engkau tidak akan meminum atau menyimpan anggur, sebab ulat akan memakannya. Pohon-pohon zaitun akan kau punyai di seluruh daerahmu, tetapi engkau tidak akan berurap dengan minyaknya; sebab buah zaitunmu akan gugur.

"Benih" di sini mengacu pada butir-butir gandum dan di "kebun anggur", Anda memiliki anggur. Perhatikan bahwa iblis keluar untuk memakan gandum dan anggur Anda, jadi dia mengirimkan belalang dan ulat. Dia juga keluar untuk mengkonsumsi minyak Anda.

Mari kita lihat ayat berikutnya untuk mencari tahu mengapa iblis ingin mengambil hal-hal ini dari hidup Anda.

Ulangan 28:41(TB)
Engkau akan mendapat anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan, tetapi mereka bukan bagi dirimu, sebab mereka akan menjadi tawanan.

Setiap kali ada kekurangan gandum, anggur dan minyak, kehidupan keluarga Anda terpengaruh. Anda mungkin memiliki anak yang sangat Anda cintai, tetapi ketika mereka dewasa, Anda kehilangan mereka. Bergaul dengan teman yang buruk, mereka menjadi tawanan minum, berpesta, dan kecanduan narkoba.

Tetapi Tuhan telah menyiapkan jalan keluar untuk Anda.

Yoel 2:23–24 (TB)
…Sebab telah diberikan-Nya kepadamu hujan pada awal musim dengan adilnya, dan diturunkan-Nya kepadamu hujan, hujan pada awal dan hujan pada akhir musim seperti dahulu. Tempat-tempat pengirikan menjadi penuh dengan gandum, dan tempat pemerasan kelimpahan anggur dan minyak.

"Hujan awal" dalam bahasa Ibrani mengacu pada guru kebenaran. Alasan Tuhan memberi Anda seorang guru kebenaran adalah agar gereja, rumah dan tempat kerja Anda akan penuh dengan gandum, dan melimpah dengan anggur dan minyak baru. Dan ayat berikutnya mengatakan:

Yoel 2:25 (TB)
Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.

Di sini, "belalang pengerip" mengacu pada ulat. Alkitab bahasa Inggris King James menggunakan kata “ulat palmer”. Ketika hidup Anda penuh dengan gandum, anggur dan minyak, Tuhan akan memulihkan kepada Anda tahun-tahun yang dimakan belalang dan ulat. Beberapa dari Anda mungkin berkata, "Pastor Prince, setelah tahun-tahun berlalu, mereka pergi." Tetapi Pencipta waktu berkata bahwa Dia akan memulihkan tahun-tahun yang telah terbuang kepada Anda!

MENGUNGKAP KEINDAHAN POHON OLIVE

Ketika Anda mempelajari pohon zaitun, Anda akan diberkati karena setiap bagian dari pohon itu memiliki makna. Hari ini, ketika Anda pergi ke Taman Getsemani di Israel, Anda akan menemukan pohon zaitun yang sangat tua dengan batang keriput. Menariknya, batang pohon zaitun berongga tidak seperti kebanyakan pohon.

Mengapa batang pohon zaitun berongga? Pohon zaitun melambangkan kita masing-masing dan Tuhan ingin kita selalu mengingat bahwa kita diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan ini – untuk dipenuhi-Nya saja, bukan diri kita sendiri atau iblis.

Orang yang tidak memenuhi atau menolak untuk menerima tujuan Tuhan bagi mereka akan merasa kosong di dalam. Mereka dapat melakukan banyak hal untuk mengisi diri mereka sendiri – hidup untuk kesenangan, menghasilkan banyak uang, mendapatkan apa pun yang mereka inginkan – tetapi mereka pada akhirnya merasa kosong. Anda bahkan dapat melihat kekosongan jika Anda melihat dari dekat ke mata mereka. Tetapi ketika Anda melihat mereka yang penuh dengan Tuhan, ada api di mata mereka dan mata air di langkah mereka kemanapun mereka pergi.

Di dalam Alkitab, Tuhan menggambarkan umat-Nya Israel sebagai "Pohon Zaitun Hijau". (Yeremia 11:16) Kami, yang sebelumnya bukan Yahudi, telah dicangkokkan ke dalam pohon zaitun ini. (Roma 11:13-25) Pohon zaitun berumur panjang, jadi berharaplah untuk hidup dengan baik, panjang umur. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pohon zaitun berumur panjang?

MANFAAT MINYAK ZAITUN DILUNCURKAN MELALUI SALIB

Beberapa tahun yang lalu ketika saya berada di Kapernaum, kota kelahiran Yesus, saya melihat mesin zaitun. Pemandu menjelaskan bahwa buah zaitun dimasukkan ke dalam mesin cetak dan dihancurkan dengan batu kilangan besar. Mesin press pertama menghasilkan minyak zaitun extra virgin, yang digunakan untuk menerangi kuil Yahudi. Minyak dari pengepres kedua digunakan untuk obat, sedangkan minyak dari pengepres ketiga atau terakhir digunakan untuk membuat sabun.

Pada saat itu, Roh Kudus menyatakan kepada saya, “Itulah yang terjadi pada Yesus di Getsemani.” Getsemani, yang berarti “Mesin pemerasan minyak”, adalah tempat pertama kali Yesus diperas di dalam kegelapan (Lukas 22:53), sehingga kita akan selalu berada dalam terang dan berjalan dalam terang.

Cahaya membuat Anda melihat apa yang orang lain – pesaing Anda, profesor, ilmuwan – tidak dapat melihat secara alami. Roh Kuduslah yang memberi Anda pencerahan spiritual. Misalnya, orang melihat Daud sebagai anak gembala. Tetapi Samuel, di bawah urapan Roh Kudus, melihat seorang raja dalam diri Daud. Jadi minyak urapan akan membuat Anda melihat bagaimana Tuhan melihat. Dan ketika Anda melihat bagaimana Dia melihat, Anda akan menikmati apa yang Dia nikmati.

Pemerasan kedua terjadi setelah Yesus dibawa dari Getsemani dan disesah. Yesus adalah “obat” kita karena “oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh”. (Yesaya 53:5)

Seorang anggota di gereja kami memberitahu saya bahwa dia menderita eksim di paha kirinya selama beberapa waktu. Dia telah menerapkan semua jenis obat di pahanya, tetapi eksimnya tidak kunjung reda. Ketika saya pertama kali berkhotbah tentang minyak urapan, dia membeli sedikit minyak zaitun dan berdoa untuk itu. Kemudian, dia mulai mengoleskan minyak tersebut setiap hari selama seminggu. Hari ini, dia sembuh dari eksim!

Pemerasan terakhir, di mana minyak digunakan untuk pembersihan, terjadi di kayu salib. Yesus dihancurkan di bawah amarah yang membara dari Allah yang kudus dan benar, menderita penghakiman dan hukuman atas dosa-dosa kita. Darah-Nya telah membersihkan kita dari dosa-dosa kita.

Minyak zaitun alami tidak memberikan pengaruh pada Anda kecuali Anda makan atau menggunakannya. Tetapi ketika Anda berdoa untuk sebotol minyak zaitun alami Anda dalam nama Yesus, Tuhan memisahkannya dan itu menjadi minyak urapan yang kudus. Gunakan minyak untuk kemuliaan Tuhan dan lihat mukjizat, penyediaan dan pemulihan-Nya dalam hidup Anda!

DOA UNTUK MINYAK URAPAN

Anda bisa meminta seorang pendeta atau pemimpin di gereja lokal Anda untuk berdoa dan menguduskan minyak Anda untuk Anda. Sebagai raja dan imam di dalam Kristus (Wahyu 1:6), Anda juga dapat mendoakan minyak tersebut dan menguduskannya. Inilah doa untuk memberkati dan menguduskan minyak Anda:

Bapa yang terkasih di surga, tanpa pengurapan, sebotol minyak ini hanyalah minyak biasa. Tetapi saya mohon kepada-Mu, Bapa, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, urapi minyak yang saya pegang di tangan saya ini. Urapi dan pisahkan untuk tujuan kudus-Mu. Buatlah itu menjadi minyak urapan yang kudus.
Gunakan ini untuk kemuliaan-Mu, Bapa. Menurut Firman-Mu dalam Markus 6:13 dan Yakobus 5:14, gunakan itu untuk membuat mereka yang menerapkannya menjadi sehat, kuat, dan awet muda, dengan penyakit dan penyakit jauh dari mereka.
Bapa, aku berdoa agar minyak ini dikhususkan sekarang untuk tujuan yang kudus dan disucikan, agar dapat membawa kemuliaan-Mu turun, dan menyatakan mukjizat-Mu. Dimanapun minyak dioleskan, biarlah kegelapan diubahkan menjadi terang. Biarlah minyak ini mengubah kekurangan menjadi kelimpahan. Biarlah penyakit diubahkan menjadi kesembuhan. Biarlah ada pemulihan dan kesuburan yang luar biasa.
Bapa, aku berterima kasih karena sebotol minyak ini sekarang menjadi minyak urapan yang kudus. Dalam nama Yesus aku berdoa, Amin.